Pages

JURUSANKU

Kamis, 15 September 2011


Teknologi Tepat Guna Membantu Masyarakat Dalam Meningkatkan Produksi
DSCN0350.JPGDSCN0346.JPGTeknologi : salah satu teknologi tepat guna yang digunakan oleh masyarakat Payakumbuh untuk pengairan sawah dalam meningkatkan produsi panen padi.
                Salah satu teknologi yang memberikan mamfaat besar bagi masyarakat, murah dari segi ekonomi, bahannya di dapat dari alam sekitar dan perawatannya mudah dilakukan oleh masyarakat. Itulah teknologi tepat guna dalam artian teknologi yang tepat atau sesuai penggunaannya.
            Salah satu kunjungan mahasiswa PMI ke Payakumbuh 3 januari 2010 kemaren. Berkunjung ke irigasi pertanian padi di Payakumbuh, dalam studi lapangan kali ini, mahasiswa PMI dari semester enam diajari untuk mengenali alat-alat yang dibuat untuk sebuah kincir air yang berguna untuk mengairi beberapa petak sawah. Seperti ciri-cirinya, teknologi ini menggunakan bambu yang di rangkai menggunakan tali, kemudian di setiap sisi rodanya di letakkan bambu yang berfungsi untuk mengambil air dan air itu  diangkat dari sungai untuk di aliri ke sawah yang berada lebih tinggi dari permukaan sungai.
            Dari sinilah seluruh petak sawah itu dialiri dengan air yang dialiri dari kincir bambu tersebut. Dengan mengenali proses yang sedikit sederhana dengan sistem pengairan yang tepat membuat teknologi itu tepat penggunaannya.
            Mahasiswa PMI yang berkunjung ketika itu, mendapat pelajaran baru dan menambah wawasan dalam pengembangan masyarakat terutama dalam bidang pertanian. Sepeti halnya bahwa femikiran mahasiswa akan berubah setelah pergi dan berkunjung ke tampat lain. kunjungan Jurusan PMI kali selain ke kincir air, juga ke tempat pembuatan kue sanjai, kue rendang, galami, dan kipang, dalam kunjungan itu mahasiswa PMI mengetahui bahwa masyarakat  menggunakan teknologi yang sederhana dan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar