Pages

JURUSANKU

Kamis, 15 September 2011

AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA PMI



 


Duduk  Sambil Diskusi
Sekitar jam 09.45 pagi mahasiswa PMI duduk bersama dosen yang mengajar mata kuliah Sosiologi Pembangun, ibu Yefni, M.Si. menjelang waktu masuk mereka duduk bersama di lantai tiga gedung FDIK sambiil bercengkramah dan saling mendekatkan keakeraban satu sama lain. Bukan itu saja mereka juga berdiskusi mengenai mata kuliah, pengetahuan lain dan juga soal kehidupan mahasiswa.
            Itu lah yang sering di lakukan mahasiswa PMI, bukan menjelang waktu masuk saja, di waktu senggang pun mereka kadang mencari Ketua Jurusan PMI, Sekjur PMI dan  dosen yang kadang mereka anggap pantas untuk menanyakan sesuatu.
            Terlepas dari itu, mereka juga menjalin komunikasi yang lebih mengkarapkan mereka dengan mahasiswa lain. salah satu yang sering di tanyakan adalah bagai mana kami selaku mahasiswa belajar? Pengetuahuan itu tidak serta merta mereka dapatkan di dalam kelas ketika belajar, tetapi diskusi seperti ini lah yang membuat pengetahuan itu sampai kepada mahasiswa. Salah satu pengetahuan yang dapat mereka praktekkan adalah memahami diri sebagai mahasiswa yang di katakan kaum intelektual dan juga punyak kebebasan yang lebih tinggi, ketika duduk di bangku kuliah sebagi mahasiswa rumuskan tujuan kita, sebanernya kita mau kemana dan apa keinginan kita.
            Kebanyakan dari mahasiswa tidak merumuskan hal ini, sehingga datang kekampus hanya duduk berombongan di tangga dan bercanda sana dan sini, akhirnya mereka tidak mengerti dengan konsep kuliah itu seperti apa. Sehingga jadilah mahasiswa yang selesai orang selesai kita tetapi tanpa memikirkan kualitas diri pribadi mahasiswa yang pantas di bayar mahal oleh orang lain.
            Bukan itu saja yang di bahas dalam hal itu, mereka juga menanyakan bagaimana sebenarnya membaca bagi mahasiswa? Mahasiswa tidak perlu membaca secara keseluruhan dari tulisan yang ada di buku, tetapi mengambil judul yang menarik dan apa yang kita cari dari judul itu, buatlah konsep pemikiran tentang yang ingin diketahui. Kebanyakan mahasiswa membaca keseluruhan sehingga menjadi bosan dan akhirnya tidak ada ketertarikan untuk membaca pun hilang.
            Sangat bersyukur sekali bebrapa di antara anak PMI melakukan diskusi seperti ini, selain itu juga dosen yang mereka tanyai alhamdulilah membantu kesulitan yang mereka hadapi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar