Pages

JURUSANKU

Kamis, 15 September 2011

PROFIL DAN TANTANGAN JURUSAN PMI KEDEPAN


Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam dan Tantangannya Kedepan
Rosmita, M.Ag
TTL        : Pekanbaru, 13 November 1974
Anak       : Ke tiga dari tiga bersaudara
      2 perempuan 1 laki-laki.
Jabatan  : Ketua Jurusan PMI
Seorang dosen sekaligus Ketua Jurusan Pengangan Masyarakat Islam menghabiskan masa kecilnya di pekanbaru dengan tingkat pendidikan SD di pekanbaru pada tahun 1987, kemudian melanjutkan sekolah ke SMP Babussalam Pekanbaru tahun 1990, kemudian melanjutkan sekolah ke Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo Jatim tahun 1994. Tidak berhenti disitu saja beliau melanjutkan kuliah SI ke Institut Agama Islam Riyadhatul Mujahidin –  Wali Songo Jabar, Jurusan Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) tahun 1998. Kemudian melanjutkan S2 di IAIN SUSQA Pekanbaru Riau tahun 2002 dengan gelar M.Ag. pengalaman mengajar: beliau pernah mengajar di Pesantren Putri Al-Mawaddah Ponorogo Jatim tahun 1994 – 1999. Mengajar di Babussalam tahun 1999 – 2004. Mengajar di IAIN SUSQA Pekanbaru sebagai dosen luar biasa tahun 1990 – 2000. Kemudian dari tahun 2005 samapai sekarang di Fakultas Dakwah sebagai Dosen tetap. Pengalaman organisasi tahin 2006 – 2008 pernah menjadi sekretaris jurusan Pers dan Grafika, tahun 2009 sampai sekarang menjabat sebagai ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).
Beliau seorang yang aktif mengajar di beberapa jurusan di fakultas Dakwah, salah satunya beliau juga mengajar di Jurusan PMI. Beliau berpendapat tentang jurusan PMI menegatakan “Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam merupakan Jurusan yang mewujudkan sumber daya manusia yang bermutu, berakhlak, berkualitas dan dapat mengembangkan diri di tengah masyarakat, untuk kedepannya Jurusan ini di butuhkan dalam dalam bidang dunia usaha dan perkantoran, selain itu juga sebagai agen of change dalam masyarakat dengan mewujutkan pembangunan sosial dan memajukan masyarakat yang terpinggirkan dengan program yang direncanakan. Maka dari itulah semangat saya untuk mengembangkan jurusan PMI ini menjadi jurusan yang di kenal oleh masyarakat. Dan menjadikan jurusan ini dibutuhkan oleh masyarakat.
Adapun visi dan misinya  adalah menjadikan jurusan Pengembangan Masyarakat Islam sebagai jurusan yang dibutuhkan ditengah masyarakat dan jurusan yang dapat mengembangkan masyarakat dalam berbagai aspek. Dan misi : mewujudkan mahasiswa yang berkualitas dan bermoral  dan memiliki kemampuan akademik untuk menjadi mativator dalam mengembangkan diri di tengah masyarakat” .
Selama beliau mejadi ketua Jurusan PMI, banyak program-program Jurusan yang harus dilaksanakan untuk kemajuan PMI kedepan, yaitu melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang dekat dengan masyarakat, yaitu yang berhubungan dengan praktikum mahasiswa, dan mengadakan safari ramadan. Membuka kosentrasi, membuat kerjasama dengan instansi yang lain untuk memudahkan mahasiswa praktek magang, dan desa binaan, dan mengadakan studi banding.  
            Selain itu, ketua Jurusan PMI ini berpendapat bahwa jurusan PMI kedepan menghadapi tantangan dari berbagai hal yaitu (1) banyaknya saingan dalam dunia kerja, maka mahasiswa jurusan PMI harus betul-betul siap pakai dalam berbagai aspek dan harus mempunyai keahlian di tengah masyarakat. (2) Banyaknya saingan dalam penerimaan mahasiswa, karena jurusan PMI sudah hampir ada di berbagai universitas yang ada di Indonesia. (3) Banyak menghadapi berbagai sifat dan karakteristik masyarakat di suatu daerah. Mahasiswa banyak menghadapi bermacam-macam karakter di tengah masyarakat dan bermacam-macam suku yang memiliki perbedaan satu sama lainnya. Mahasiswa jurusan PMI ini harus pandai membawa diri dan berlaku adil dan cepat tanggap  dalam menyelesaikan permasalahan di dalam masyarakat. (4) Dan kurang dikenal di masyarakat.
            Dengan melihat tantangan PMI kedepan tersebut dapat menjadi masukan untuk  mengembangkan jurusan PMI ini dengan banyak mengadakan kegiatan sosialisasi di masyarakat dan melakukan studi banding di jurusan-jurasan PMI di universitas yang lain. Melakukan review kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar