Pages

JURUSANKU

Kamis, 15 September 2011

PRAKTIKUM MAHASISWA PMI KE USAHA EKONOMI DESA


c.jpgd.jpg Mahasiswa PMI beserta Dosen pembimbing (Sekjur PMI Ibu Aslati, M.ag, tengah dua dari kana dan Sahrizul, S.Sos,i kiri dari kanan), saat berkunjung ke lembaga perekonomian di Desa Buluhcina sekitar Oktober yang lalu.
                 
Salah satu Program studi pengembangan masyarakat islam/ PMI adalah praktek lapangan atau berkunjung ke lembaga sosial masyarakat baik di desa maupun di perkotaan, kali ini mahasiswa PMI angkatan 2010-2011 mengadakan kunjungan ke lembaga perekonomian desa yaitu, Usaha Ekonomi Desa – Simpan Pinjam (UED-SP) di desa Buluhcina kec. Siak Hulu, dalam kunjungan tersebut mahasiswa PMI mendapat pengetahuan baru tentang teori bagai mana mengembangkan masyarakat dalam bidang ekonomi, bukan itu saja mahasiswa juga diajarkan bagai mana memanajemen sebuah lembaga dan masih banyak pengetahuan lain yang bisa di simak dalam kunjungan itu.
            Dalam kunjungan tersebut mahasiswa PMI beserta dosen PMI di sambut baik oleh kepala desa Buluhcina dan pimpinan lembaga ekonomi simpan pinjam tersebut. Dalam kunjungan kali ini, adalah kesempatan dari pihak jurusan PMI untuk membuka kerja sama dengan Pihak lembaga perekonomian desa buluhcina, semoga kunjugan ini membuka jalan baru untuk perkembangan jurusan PMI agar lebih maju lagi, harap Dosen PMI.
            Kunjungan tersebut, Toro anggota lembaga UED-SP ,mengajak mahasiswa berjalan-jalan ketempat usaha masyarakat dan dikenalkan dengan masyarakat setempat, dengan tujuan melihat usaha apa saja yang di lakukan masyarakat. Diantara usaha yang dilakukan masyarakat melalui bantuan lembaga perekonomian desa (UED-SP) yaitu usaha pembuatan kapal nelayan, warung kaki lima, pertanian (ikan dan perkebunan) dan bangunan rumah. 
            Kesan salah seorang mahasiswa PMI ketika kami wawancarai, mereka merasa terkesan berkunjung ke Desa Buluhcina di samping kami melihat berbagai aktifiatas masyarakat, kami juga melihat pemandangan alam yang belum kamilihat dan ini adalah kunjungan pertama kami. Redaktur/CD...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar